Waspada!! 5 Hal Seseorang Jadi Lebih Sering Kentut

Waspada!! 5 Hal Seseorang Jadi Lebih Sering Kentut
Waspada!! 5 Hal Seseorang Jadi Lebih Sering Kentut


Sahabat Sehat, Kentut merupakan mekanisme alami tubuh mengeluarkan gas yang berlebih di dalam pencernaan. Gas yang dikeluarkan ini merupakan normal hasil proses encernaan makanan. Ketika usus menggiling makanan menjadi nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh anda, ada sejumlah gas yang dihasilkan lalu dikeluarkan menjadi angin yang lebih terkenalnya disebut kentut. 

Tetapi, Kadangkala frekuensi pengeluaran Kentut lebih sering dibandingkan hari biasanya. Menurut pendapat dokter dari American College of Gastroenterology, Patricia Raymond, ada beberapa hal yang membuat seseorang menjadi lebih sering mengeluarkan kentut.

1. Saat Perjalanan Menggunakan Pesawat Terbang

Sahabat Sehat. Pernahkah anda memperhatikan saat naik pesawat terbang jadi lebih sering mengeluarkan kentut? Jika jawabannya iya, hal itu merupakan hal yang normal.

Saat anda berada di ketinggian tertentu, metabolisme tubuh memproduksi gas lebih banyak. Hal ini membuat perut menjadi kembung yang berujung menjadi pengeluaran kentut.

2. Konsumsi Makanan tertentu

Sahabat Sehat, Tidak selalu semua makanan yang dikonsumsi akan dicerna oleh usus anda. Ada beberapa jenis makanan yang mempunyai pengaruh terhadap pembentukan gas di saluran metabolisme pencernaan. makanan tersebut adalah jenis Kacang-kacangan, kubis, brokoli, adalah contoh makanan yang sering menyebabkan kentut.

3. Pencernaan Mengalami Kelebihan udara

Ketika anda makan atau minum, maka ada udara yang masuk ke pencernaan anda. yaitu ketika anda mengonsumsi permen karet, makan dengan cepat atau meminum minuman yang mengandung karbonasi membuat banyak udara di saluran pencernaan kita. Hal ini bisa membuat kita jadi sering mengeluarkan kentut. Tidak usah malu, jika kentut anda tidak menimbulkan baud an tidak menimbulkan suara

4. Metabolis system pencernaan Anda sulit mencerna nutrisi

Sahabat sehat, keadaan sering kentut merupakan salah satu tanda tubuh mempunyai kesulitan menyerap nutrisi. Ada beberapa jenis makanan yang membuat penceranaan tubuh anda sulit mencerna nutrisi. Salah satunya adalah gula dari karbohidrat.

5. Adanya Penyakit serius

Frekuensi kentut memang bisa berbeda setiap hari. Namun dokter Raymond mengingatkan bila kentut terjadi berlebihan, perut terasa kembung diikuti dengan sakit atau gejala lain seperti diare atau sembelit coba konsultasikan dengan dokter.
Apabila anda terlalu sering mengeluarkan kentut dan berbau tak sedap bisa jadi gejala IBS (irritable bowel syndrome).

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu gangguan usus, yang membuat perut menjadi sakit, kram atau kembung, dan terkadang dibarengi diare atau sembelit. Irritable Bowel Syndrome adalah masalah jangka panjang, tetapi  ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejalanya IBS
Gejala-gejala Irritable Bowel Syndrome yang Anda rasakan mungkin berbeda dari hari ke hari, kadang bisa lebih baik atau lebih buruk,tetapi IBS tidak akan memburuk. IBS tidak memicu penyakit yang lebih serius, antara lain penyakit inflamasi atau kanker usus.

Like dan Share/ Bagikan Postingan ini ya… terimakasih..

(Sumber : disarikan dari www.health.liputan6. com/read/2844478/5-penyebab-seseorang-jadi-lebih-sering-kentut)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »